Posted by: sukubaduy | June 18, 2007

Indahnya Baduy

suku baduy rumah adatKabupaten Lebak , disebelah utara berbatasan den gan Kabupaten Serang dan Tangerang, sebelah barat dengan Kabupaten Pandeglang, sebelah timur dengan Kabupaten Bogor dan Sukabumi dan sebelah selatan dengan Samudra Indonesia..

Selain alamnya yang kaya dengan aneka tambang dan hasil perkebunan, pertanian juga memiliki potensi perikanan laut dengan panjang pantai 75 km dari Muara Binuangeun – Cibareno, daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Keberadaan suku Baduy di wilayah ini merupakan daya tarik tersendiri. Suku yang bermukim di areal seluas 5.101 ha di Desa Kanekes, Leuwidamar atau sekitar 38 km dari Rangkasbitung, kota kabupaten Lebak. Untuk menuju kawasan itu dapat menggunakan mobil dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Rangkasbitung ke Ciboleger, pintu gerbang Kanekes.

Suku Baduy terbagi menjadi dua bagian yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Baduy Dalam bermukim di tiga kampung yaitu Cikeusik, Cikertawarna dan Cibeo sedangkan Baduy Luar bermukim di kampung-kampung di luar ketiga kampung dalam tersebut. Dengan jumlah kampung seluruhnya ada 53 kampung. Masyarakat Baduy memiliki hukum adat yang sangat kuat dengan sistim pemerintahan sendiri yaitu pemerintahan adat Baduy dengan kepala pemerintahan disebut Puun yang jumlanya ada tiga yaitu: Puun Cikeusik, Cikertawarna dan Cibeo.


Responses

  1. Kalau aku anak baduy..aku mau pergi ke bandung biar tau bahwa baduy itu cabang dari suku sunda dan orang sunda yang lain sudah modern…kalau aku pulang ke kampung baduy aku akan minta izin dari puun untuk mendirikan WARNET

  2. mari kita jaga keutuhan baduy,jangan sampai terjamah globalisasi yang menyesatkan.

  3. Dear tim sukubaduy.wordpress.comdesa

    saya opie dari sang juara, saya mau minta tolong sekiranya bisa mendapatkan nmr tlp dari bidan eros rosita yang dinas di desa cobologer. saya banyak membaca artikel tentang bidan eros ini, tp saya kualahan mencari nmr tlpnya.saya mau mengangkat topik ttng peranan bidan eros dan kedekatannya dengan suku baduy. untuk informasi SANG JUARA , merupakan program yang tayang di B.CHANNEL .saya ucapkan terima kasih untuk tim yang bisa membantu saya , terima kasih

    opie


Leave a Reply

Categories

